Hasrat Menulis Bagi Si Moody

Sahabat, ada yang pernah mengalami hal menjengkelkan seperti inikah?. Ketika dalam posisi tidak merencanakan menulis kemudian timbul banyak ide dan gagasan untuk dituangkan ke dalam sebuah karya, semangat meluap-luap dan serasa akan banyak tulisan yang dihasilkan. Akan tetapi nih ya, setelah menyiapkan segala sesuatunya hilanglah semua yang tadi sesak memenuhi kepala sampai mau tumpah-tumpah tuh. Kalo saya sering banget mengalami hal beginian dan itu terasa menjengkelkan. Ya ampun!

Sesekali berbagi (sebenarnya sih menggali, hehe) dari jawaranya yang telah merasakan pahit manis jungkir balik (hehe lebay mode on ini) di dunia tulis menulis. Begitu terasa berhembus segar siraman keilmuannya sehingga semangat menulis kembali memercik dan bergejolak kembali. Serasa mudah dan menyenangkan. Ya! Memang menyenangkan kalau mood baik sudah berada di pihak kita. Jemari kembali menari begitu tak tertahankan. Sehalaman dua halaman tiga halaman mah lewaaat Neng Abang libas! Hihi.

Nah, belakangan ini saya mencoba untuk mengkaji sepintas apa saja yang bisa menyebabkan diri saya mendapatkan semangat dalam menulis. Beberapa hal yang didapatkan sebagai pembelajaran ketika ingin menjadikan menulis sebagai kesenangan dan ajang menuangkan ide, gagasan dan mungkin curahan hati dari kehidupan sehari-hari. Ya seenggaknya nih ada beberapa, scroll down yuk!

#1 Niatkan untuk selalu menghasilkan tulisan minimal 1 (satu) dalam 1-2 hari.
Jujur bagi pemula seperti saya menulis adalah hal yang sulit dalam mengembangkan isi dari gagasan yang terlintas karena kelemahan dalam kosakata dan kecakapan. Akan tetapi jika sudah diniatkan, apa sih bahasa Sundanya itu? Lupa. Oh ya, keinget. Mereketkeun! Kalo sudah diniatkan ya seengganya kita akan membiasakan diri untuk belajar dari banyak hal;

#2 Ketika ide muncul, kapan pun dan dimanapun segera sempatkan untuk menuliskan setidaknya judul dalam catatan kecil,
Sekarang kan gampang banget, ga perlu ada pulpen dan kertas atau sejenis notebook yang gadget juga sudah cukup buat mencorat-coretkan ide dengan berbagai fasilitas untuk mencatat hal-hal tertentu. Jadi ini memudahkan kita untuk memiliki daftar ide yang nanti bisa kita kembangkan ketika sudah dalam posisi siap menulis;

#3 Ketika menulis, lebih baik tidak fokus pada mengoreksi tulisan yang sedang disusun tetapi tuangkan segala yang ada dalam fikiran.
Terkadang jika terlalu banyak menekan tombol “backspace” itu tulisan susah buat berkembang karena ide ini hapus ide itu hapus. Alhasil ya keburu jelek lagi moodnya.

#4 Selalu memperhatikan hal-hal di sekitar kita dalam keseharian, sepertinya itu akan menjadi bahan yang luar biasa banyak untuk menjadi karya.
Banyak hal yang selalu menciptakan inspirasi dalam menulis. Ya semisal dalam keseharian kita mengunjugi 3-4 tempat berbeda itu juga udah cukup buat merangsang kita untuk menulis tentang yang berkaitan dengan beragam hal yang ditemui, masalah atau apapun yang merasa itu menarik jika dibagikan dengan oranglain dalam hal ini pembaca;

#5 Perbanyak literasi baik dengan berpetualang melalui buku-buku maupun blogwalking (nah ini yang biasanya lebih kuat efeknya dalam kreatifitas menulis, serius deh, mesti percaya, hihi).
Untuk zaman now buku udah jadi kebutuhan bagi sebagian besar orang. Entah itu buku yang bersifat religi, travel, pengetahuan, atau sekedar stimulan bagi otak semacam teka teki silang;

#6 Banyak berkomunikasi dengan para penulis dan blogger yang lebih tinggi ilmunya.
Karena ini paling penting untuk belajar lebih banyak tentang banyak tips dalam dunia blogger, dan jujur meskipun sering merasa malu dan ragu karena khawatir jika kita terlalu banyak bertanya (bawel) para “goldfinger” merasa risih, tapi mudah-mudahan sih enggak, sepengalaman saya gitu.

Well,tulisan diatas sepertinya bukan datang dari seseorang yang memiliki semangat menulis yang konstan setiap harinya. Sekedar mengulas tentang kesulitan saya yang sering merasa jengkel terhadap diri sendiri yang susah untuk menjaga semangat menulis. Harapannya sih adalah tulisan ini dibaca oleh para penulis yang selalu memiliki semangat tinggi dan bersedia menambahkan tips dan sarannya untuk saya dan sahabat-sahabat yang memiliki kelemahan yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *